Camat TBS Beserta Jajaran Mengapresiasi Atas Penerapan STBM di Kelurahan Talang

Bandar Lampung, – Kelurahan Talang menjadi kelurahan ketiga di kecamatan Teluk Betung Selatan (TBS) yang telah menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).Selasa (17/01/2023)

 

Untuk mendapatkan hal itu, harus melalui verifikasi menuju kelurahan yang menerapkan sanitasi sehat pada masyarakat. Pelaksanaan verifikasi oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, dilaksanakan pada Selasa, 17 Januari 2023, tim langsung turun ke lapangan meninjau rumah rumah di wilayah Kelurahan Talang Kecamatan TBS.

 

Verifikasi difokuskan untuk menilai 5 pilar yang menjadi tolok ukur STBM, lima pilar tersebut yaitu melaksanakan gerakan stop buang air besar sembarangan dan akses jamban sehat.

 

Kedua, melaksanakan cuci tangan pakai sabun. Ketiga, Pengelolaan makanan dan minuman dengan benar. Keempat, Pengelolaan sampah rumah tangga dengan benar dan terakhir pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan benar.

 

Setelah meninjau langsung akhirnya tim verifikasi mengumumkan hasilnya dengan menyatakan Kelurahan Talang dinyatakan menjadi kelurahan STBM.

 

“Kami harap setelah deklarasi ini mampu diterapkan dengan baik dan mempertahankannya,” kata Ajib selaku kooordinator tim verifikasi dari Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung.

 

Sementara itu, Camat Teluk Betung Selatan, Ichwan Adji Wibowo, SPt, MM mengapresiasi atas penerapan STBM di Kelurahan Talang.

 

Selanjutnya setelah pengumuman status Kelurahan STBM lurah Talang beserta Babinsa, babhinkamtibmas dan para ketua RT membacakan deklerasi komitmen Kelurahan STBM.

 

“Kami mendeklarasi kelurahan STBM, kami atas nama seluruh masyarakat kelurahan Talang bertekad mempertahankan kelurahan Talang sebagai kelurahan STBM dengan melaksanakan perilaku lima pilar STBM,” tutur Lurah Talang, Nani, pada acara Deklarasi Kelurahan STBM, di kantor kelurahan.

 

Camat TBS melanjutkan berwanti wanti agar status kelurahan STBM tersebut diiringi dengan kesadaran masyarakat.

 

“Proses ini pasti sulit karena bagaimana inisiasi dan partisipasi masyarakat secara konsisten melakukan yang ada pada lima pilar itu,” ujarnya.